Pages

Subscribe:

Rabu, 22 Februari 2012

Mesin Transplanter Pembantu Pertani

Di ponorogo ini mungkin banyak penduduknya yang berpecaharian sebagai petani. Dengan adanya mesin transplanter ini dapat membantu menyelesaikan pekerjaan para petani untuk menanam padi. Alat ini hasir untuk mempermudah pekerjaan petani. Dengan adanya alat ini pertanian akan beralih menggunakan alat-alat modern, yang lebih praktis untuk menanam padi.
Mesin transplanter adalah mesin tanam. Alat yang dinamakan transplater ini kehadiran mesin transplanter di Indonesia mengubah sistim cocok tanam padi dari tradisional menjadi modern. Karena dengan transplanter, petani mendapatkan banyak kemudahan. Seperti jarak lubang tanam, jumlah bibit tiap lubang, operator cukup satu orang dan tentunya pekerjaan dapat diselesaikan jauh lebih cepat.selain itu bisa menggantikan tenaga kerja manusia untuk menanam padi di persawahan dengan keunggulan irit bahan bakar, dengan rasio 1 liter bensin untuk 1 hektare sawah.
Penyiapan bibit untuk transplanter tidak sama dengan pembuatan bibit untun tanam tradisional. Penyiapan bibit untuk menanam dengan transplanter dilakukan dengan menggunakan nampan ukuran 30 X 50 cm. Media bibit menggunakan campuran tanah dan pupuk kandang yang di saring dahulu.   Selanjutnya, perawatan bibit dengan pengairan yang cukup dan pemupukan hari ke-5, dan 10. Pada hari ke 15-18 bibit siap tanam.

0 komentar:

Posting Komentar